Thursday, March 19, 2020

Dampak covid terhadap wali murid

 Dari FB: Mas Ubaid

Ketika saya membaca postingan ini saya trenyuh, dan menganggap tulisan ini bagus untuk disampaikan ke orang tua.

Semua ribut tentang Corona, aku lebih memilih menyoal akibat yg timbul.
__________

Anak-anak terpaksa diliburkan berganti dengan tugas di rumah atau sekolah online.  Mungkin ini bagian dari teguran Allah agar orang tua lebih bisa merasakan menjadi guru untuk anaknya.

Di grup ibu2 sudah mulai banyak yang kualahan mengajari 2 sampai 3 anak sekaligus, membantu mengerjakan tugas2 onlinenya. Bisa dibayangkan bagaimana seorang guru mengajar 20-25 siswa dalam satu kelas dengan berbagai karakter siswa?.  pengkondisian anaknya sendiri aja banyak dikeluhkan.🙂🙏

Inilah saatnya orang tua siswa introspeksi, bahwa menjadi guru itu tidak mudah yg mereka pikirkan, menjadi guru itu berat, makanya mereka haruslah legowo dan ikhlas, bukan malah protes ini itu. Protes Tentang kurikulum, protes tentang kebijakan sekolah, bahkan sampai ada yg memarahi guru anaknya, melaporkan guru ke polisi, yang sempat viral kemarin wali santri ngamuk ke seorang Kiai, saking tawadlu’nya Kiai beliau dimarahi tetap diam menunduk dan efeknya justru pihak kemenag mengancam pesantren.

Ketika kita sudah memutuskan di mana anak kita menimba ilmu, di sanalah keberkahan kita raih, pasrahkan semua pada guru, hargailah keputusan mereka demi kebaikan anak kita, mintalah ridlo mereka demi kemanfaatan ilmu anak2 kita. Ketika tengah perjalanan tidak cocok dengan pengajaran atau peraturan sekolah, bicarakanlah dengan baik atau pindahlah dengan cara ahsan, yang sesuai dengan yang diinginkan. Tidak perlu mengumbar kalimat2  yang buruk yang akan menyakiti banyak pihak.

Sebuah nasihat dari guruku yang patut kita renungkan  mengajarkanku Kitab Washaya

“Sesungguhnya durhaka kepada orang tua masih bisa bertaubat dan meminta maaf kepada mereka, dan orang tua pasti memaafkan karena orang tua adalah murabbiljasad, namun ketika seorang murid menyakiti hati guru, maka cahaya ilmu akan padam seketika dari dada seorang murid sebab guru adalah murobbirruh”...😢😢

0 comments:

Post a Comment