Tuesday, April 7, 2020

KIAT PRAKTIS TEKNIS MENULIS FEATURE UNTUK KORAN

#Rangkuman 4; menulis Feature bersama kang Encon
Selasa, 7 April 2020

KIAT PRAKTIS TEKNIS
MENULIS FEATURE UNTUK KORAN
FEATURE adalah tulisan yang memfokuskan pada segi tertentu (angle) sebuah peristiwa dan sangat menonjolkannya. Itulah sebabnya feature disebut “karangan khas”
Feature secara harfiah artinya menonjolkan, menampilkan.
FEATURE  adalah jenis tulisan yang lebih “menghibur” dan “menjelaskan masalah” daripada  “menginformasikan”.
Sistematika model tulisan feature  yaitu  tulisan yang menuturkan peristiwa disertai penjelasan riwayat terjadinya, duduk perkaranya, proses pembentukannya dan cara kerjanya.
 
FEATURE  lebih banyak  mengungkap unsur “HOW” dan “WHY” sebuah peristiwa  sehingga mampu  menyentuh  ketertarikan manusiawi (human interest) atau menggugah perasaan  (human touch)
Feature adalah karya jurnalistik aliran “Jurnalisme baru” atau “Jurnalistik Sastra”. Yaitu teknik penulisan karya jurnalistik bergaya sastra, menampilkan fakta secara mendalam dengan menggunakan teknik fiksi dengan menggabungkan laporan interpretatif  dengan teknik penulisan karya fiksi.
FEATURE 
sangat diperlukan media cetak mingguan, dwimingguan dan bulanan
 
SIFAT FEATURE
  1. Faktual.
  2. Menerangkan masalah, bukan melaporkan dengan segera.
  3. Tulisannya tahan waktu, tidak basi.
  4. Mengandung segi human interest.
  5. Mengandung unsur sastra.
  6. Menggunakan lead atraktif.
JENIS FEATURE
 
1.     BRIGHT
Yaitu tulisan pendek dengan human interset yang menonjol dari suatu kejadian atau masalah. Biasanya mengandung unsur humor. Misalnya tulisan di rubrik majalah tempo “Indonesiana”.
2.     FEATURE BERITA
Feature tentang peristiwa aktual. Biasanya merupakan pengembangan dari sebuah berita dengan mmebuka informasi latar belakang masalah agar pembaca mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang unsur HOW dan WHY pada sebuah peristiwa.

3.     FEATURE ARTIKEL
Adalah feature yang berisi  tentang pemikiran, gagasan, atau ilmu pengetahuan yang dikemas secara ringan  dan menghibur.

4.     FEATURE BIOGRAFI
Adalah feature tentang pribadi pribadi menarik, sosok ternama,  atau publik pigure. Misalnya riwayat hidup pendek seorang tokoh, seorang yang berprestasi, penampilan unik seorang dipesta.
Feature biografi  muncul di rubrik “Apa-Siapa” (HU Pikiran Rakyat), “Nama & Peristiwa” (HU Kompas), atau “Ihwal” (Republika)

5.     FEATURE HUMAN INTEREST
Yaitu feature yang langsung menyentuh  atau membangkitkan keharuan, kegembiraan, kejengkelan, simpati atau benci. Misalnya tentang cerita penjaga mayat di rumah sakit, liku-liku kehidupan guru di tempat terpencil.

6.     FEATURE PENGALAMAN PRIBADI
Cerita yang isinya pengalaman penulisnya yang unik, bernilai jurnalistik atau lusu

7.     PERJALANAN
Yaitu feature  berupa catatan perjalanan, laporan peristiwa kunjungan ke suatu tempat. Biasanya, feature jenis ini unsur subjektivitas menonjol karena penulisnya terlibat langsung dalam peristiwa dengan menggunakan “aku”, “saya”, atau “kamu” (sudut pandang  atau poin of view orang pertama)

8.     FEATURE SEJARAH
Yaitu feature yang menceritakan peristiwa masa lalu, misalnya peristiwa jihad Bung Tomo  di Surabaya, peristiwa keagamaan dan lain-lain

9.       FEATURE PROMOSI
Feature yang memperkenalkan atau mengekspos suatu produk atau ide baru. Penemuan dibidang komputer, misalnya

10.   FEATURE PETUNJUK PRAKTIS
Feature ini disebut juga “Tips”, yaitu feature yang mengajarkan keahlian atau teknik membuat sesuatu (HOW TO DO IT). Misalnya tentang memasak  merangkai bunga dll.

DISKUSI (blm dijawab)
Silakan rekan-rekan yang mau bertanya dipersilakan terkait dengan materi kali ini atau sebelumnya
_______________________________
Feature pengalaman pribadi penulisannya unik, jurnalis dan lusu,tolong kang jelaskan dengan contoh.

______________________________
Dalam menulis berbagai jenis feature itu untuk menyusun kalimat apa boleh menggunakan bahasa daerah? terima kasih

___________________________________
1. Menulis Feature apa boleh dari berita yang di ambil milik orang lain/dari korang, kemudian dijadikan feature,..
2. Berita yang digunakan itu hrs berita non fiksi atau boleh berita fiksi..

____________________________________
apa beda yang spesifik antara feature biografi dengan human interest ya, pak?

___________________________
Kalau mengambil berita yang sedang hangat, apakah harus ada inpropisasinya supaya berita lebih mengena gitu?

__________________________
Dua hari yang lalu terjadi seorang pemuda keserempet Honda, pada saat yang meyerempet mau minta maaf, langsung di tinju oleh pemuda tersebut, akhirnya berlanjut sampai ke penghancuran rumah milik pemuda tersebut, dan sekarang kedua orang tua dan pemuda tersebut diamankan di Polres, karena pemuda tersebut sempat memburu orang yang menengahi nya dengan yang menyerempet dengan sebilah samurai, dan korban sekarang dirujuk di rumah sakit M. Jamil Padang. Bila ini dikembangkan, dapatkah menjadi feature, dan apa jenisnya Kang 🙏🙏

_____________________
Mencari ide untuk memunculkan kata2 yang membahagiakan atau lucu, apakah harus memiliki bakat terlebih dahulu, mengingat bahasa spontan terkadang susah melontarkan, bgmn cara memiliki ide bagus buat menulis feature
====================

_____________________
Oh ya Kang, ada pertanyaan yang belum terjawab, tentang pembuatan sertifikat dari bimbingan Daring ini, bisa nggak ya Kang, soalnya kan dapat dihitung angka kreditnya bila dilengkapi dengan Laporan kegiatan ?

______________________
Assalamu'alaikum kang @Encon mau tanya,. Saat menulis featur sejarah ini harus si sertai dengan bukti2 akurat ? Sebagai contoh kang,. Saya mau menulis sejarah tentang 2 tokoh pejuang., Yaitu Pattimura dan Said Parentah.  Kedua tokoh ini hidup d zaman yg sama dan berkuang bersama. Tapi hingga sekarang tokoh Pattimura ini seperti tokoh fiktif dan rekayasa sejarah oleh belanda. Yg sesungguhnya menjadi pahlawan saat itu adalah Said Parentah. Mengingat (maaf2 sebelumnya) dia seorang Raja/ulama maka namanya seakan2 hilang dari sejarah perjuangan di Maluku. Kira2 kalau saya tulis featur perbandingan kedua tokoh ini boleh tidak kang ? Artinya lebih dominannya ke tokoh Said Parentah. Makasi sebelumnya kang
[20:03, 4/7/2020] Ecom Bengkel menulis: Saya kunci  dulu grupnya nanti setelah menjawab pertanyaan  kita buka lagi

0 comments:

Post a Comment