Sunday, October 18, 2020

TRIGONOMETRI MEMANFAATKAN MOBILE EDUKASI RUMAH BELAJAR

 Jum'at, 16 Oktober 2020

PEMANFAATAN MOBILE EDUKASI RUMAH BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI

(LOMBA VIDEO PEMBELAJARAN INOVATIF CABANG DINAS LAMONGAN)


Jum'at tanggal 16 Oktober 2020. semoga hari ini membawa keberkahan bagi kami. di pagi yang cerah kudapat info bahwa ada lomba pembuatan video pembelajaran inovatif yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. informasi itu didapat dari sekolah tetanggap, di mana ada teman guru yang kebetulan juga mengajar di sekolah tersebut, sehingga saat ada info ada lomba dia dapatkan dari group whatsapp di sekolah itu. anehnya di sekolahan saya yang merupakan sekolah negeri malah tidak mendapatkan kabar adanya lomba itu.

Yang menjadi masalah buat saya bahwa di dalam surat edaran tersebut tertulis pendaftaran dan pengumpulan video yang mau diikutkan lomba adalah tanggal 16 september sampai 16 oktober 2020. pengumpulan karyanya sebelum tanggal 16 oktober pkl 23.59. sementara saya mendapatkan info tersebut di pagi hari tanggal 16 oktober. ku berfikir mungkinkah aku bisa ikut berpartisipasi untuk mewakili sekolahku tercinta, SMA Negeri 1 Paciran?

Dua Temanmu sudah mengumpulkan karyanya, karena kebetulan dia sudah punya video beberapa bulan lalu. mereka berprinsip ikun lomba hanya untuk berpartisipasi saja tidak berfikir untuk mendapatkan juara. andaikan juara ya Alhamdulillah.

sebenarnya saya punya banyak video pembelajaran, karena selama pandemi saya harus menyiapkan video pembelajaran tersebut untuk anak didik saya mulai kelas x, xi dan xii. tetapi saya tidak pede dengan video saya tersebut jika saya ikutkan lomba. karena kebanyakan videonya tidak menampilkan diri saya. hanya tampil presentasi materi dan suara saya yang serak-serak sebagai pengganti rindu anak-anak yang belajar di rumah.

Saya merasa iri dengan temanku yang sudah mengirimkan video, tapi saya bingung mungkinkah saya bisa menyelesaikan video ini dalam sehari? sementara pagi ini saya ada webinar bersama SRB Papua, Jateng, Jatim dan sulbar. jadi saya harus fokus dulu ke webinar. 

adzan dzuhur berkumandang, webinar telah ditutup dengan bacaan alhamdulillah. webinar kali ini berjalan lancar. dan pesertanya juga lumayan banyak saya senang sekalai.

pukul 12.00 sekolahan sudah sepi karena hari jum'at. bapak-bapak guru banyak yang jumatan di desa masing-masing. apalagi ibu-ibu. kalau hari-hari biasanya sampai jam 12 masih ada. kini aku tinggal bertiga. kami menuju masjid untuk sholat dzuhur berja'ah bertiga saja. selesai sholat saya masih berkeinginan untuk membuat video pembelajaran buat lomba. tapi ku masih berfikir lagi. mau syuting alatnya ngk ada. stabilizer biasanya ada di ruang TU, tapi kini semua karyawan sudah pulang. greenscren juga tidak ada, karena milik sekolahan saya bawa pulang untuk persiapan buat video tugas pembaTIK dan belum saya kembalikan. apa yang harus saya lakukan... 

pusing dech... hhhh

Semangatku dapat mengalahkan rintanganku. "Tiada Rotan akarpun dapat digunaka" begitu pepatah yang muncul di benakku. Aku bertiga masih berada di dalam masjid, aku menoleh ke kanan, ke kiri berharap ada sesuatu yang bisa menggantikan sebagai greenscren, ku lihat di luar sambil mau keluar masjid ada karpet warna hijau yang bertumpukan rapi di teras masjid. aku minta bantuan temanku untuk membawa karpe itu menuju ruang kelas kosong. sehingga spontanitas ruang kelas itu ku jadikan ruang buat rekaman videoku. dengan di bantu bu Hamidah untuk memegang HP buat saya syuting.

Alhamdulillah dengan ide yang spontan ku berhasil rekaman. saatnya aku mnegedit video tersebut supaya layak disuguhkan sebagai video pembelajaran. saya tetap menyemangati diri sendiri bahwa "saya harus bisa". siap-siap lembur karena pukul 23.59 sudah harus selesai. dari sekolahan kami berdua pulang pada pukul 16.00 WIB. tiba di rumah kulanjutkan editing videoku. sampai pukul 21.20 video sudah saya nyatakan selesai dan siap dirender.

Perjalanan editing tidak semulus yang kubayangkan. saat mau rendering ternyata aplikasi editing saya yang filmora tidak bisa... pusing dan kalut tumbuh lagi dalam diriku. apakah perjuanganku ini akan sia-sia? 9 jam waktuku sudah ku ikhlaskan untuk buat video tersebut. kalau tidak bisa dirender, jadinya ya sia-sialah pekerjaanku.

malam semakin larut, cobaanku datang lagi dengan semangat yang harus memperjuangkan video harus selesai sebelum pkul 23.59. anakku justru malah tidak mau tidur kalau tidak bersama saya. waduh.... semangatku semakin membara, saya harus berjuang supaya jerih payahku hari ini berhasil menyelesaikan dengan tuntas.

Alhamdulillah datanglah hidayah/petunjuk kepadaku. ku install ulang filmoraku, sampai beberapa kali. alhamdulillah akhirnya bisa selesai render walau harus ada sebagaian kecil yg rusak ediringnya tapi masih bisa diperbaiki.. 

Dengan ide yang spontan, ku masih sempat memanfaat rumah belajar sebagai video pembelajar inovatif. disamping sebagai penggembira dalam ajang lomba kresi tersebut saya juga bisa itung-itung saya dapat berbagi dengan video menggunakan portal rumah belajar.

Rumah belajar, Belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. inilah hasil karya spontanitas yang dapat saya manfaatlkan dalam pembelajaran. Untuk melihat video pembelajaran yang saya buat. silahkan klik video sebagai berikut.

 


Demikian video pembelajaran yang saya buat. semoga ilmunya bermanfaatan.


salam

UUS (Usaha untuk Sukses)


#PembaTIKlevel4Jatim

 #pembatiklevel4

 #RumahBelajar 

#MerdekaBelajar 

0 komentar:

Post a Comment